Selamat Datang DiBlog Islamic Tech

Minggu, 25 Mei 2014

Fadilah Amalan Pada Bulan Rajab

Bulan Rajab adalah Bulannya allah SWT atau bulannya untuk ber istighfar.

Dan adapun amalan-amalan bulan rajab antara lain adalah:

Berdoa
Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah shalallahu ‘alahi wassalam memasuki bulan Rajab beliau berdoa, “Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).
Menghidupkan Permulaan Malam Bulan Rajab;
Diriwayatkan dari Nabi SAW, bahwasanya beliau bersabda, “Barang siapa yang menghidupkan permulaan malam bulan Rajab, maka hatinya tidak akan pernah mati ketika banyak hati yang mati. Dan Allah mencurahkan kebajikan yang banyak dari atas kepalanya, dan dosanya keluar dari dirinya sehingga suci seperti ketika ia dilahirkan ibunya, dan ia akan memberikan syafaat bagi 70.000 orang yang telah ditetapkan sebagai ahli neraka”.

Shalat Sunat
Sabda Nabi Muhammad SAW, “Barang siapa yang mengerjakan shalat ba’dal Maghrib 20 reka’at pada bulan Rajab dimana dibacakan pada setiap raka’atnya Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlas, dan melakukan salam dengan 10 kali salam maka Allah SWT akan menjaganya dan keluarganya dan kerabatnya dari bala’ dunia dan adzab akhirat”.

Puasa Sunat
Hadis RasululuLlah SAW tentang keutamaan berpuasa di bulan Rajab, “Barang siapa yang berpuasa satu hari pada bulan rajab karena iman dan yakin akan pahala yang dijanjikan maka pastilah ia berhak atas ridho Allah Yang Maha Besar. Barang siapa yang berpuasa dua hari pada bulan rajab, maka penduduk langit dan bumi tidak dapat mensifati /menggambarkan dia sebab besarnya kemuliaan yang diberikan Allah kepadanya. Barang siapa yang berpuasa tiga hari maka ia akan diamankan dari bala’ dunia dan adzab akhirat dan dari penyakit judzam dan penyakit baros, dan diselamatkan dari fitnah dajjal. Dan barang siapa yang berpuasa tujuh hari pada bulan rajab maka ditutup baginya tujuh pintu neraka. Dan barang siapa yang berpuasa 8 hari pada bulan rajab maka akan dibukakan baginya 8 pintu-pintu surga, barang siapa yang berpuasa 10 hari di bulan rajab maka tidak sekali-kali ia meminta kepada Allah SWT pastilah akan di ijabah baginya. Dan barang siapa yang berpuasa 15 hari di bulan rajab maka Allah SWT akan mengampuni dosanya yang telah lalu dan mengganti keburukannya dengan kebaikan. Dan barang siapa yang menambahi puasanya maka Allah akan menambah pahalanya.”

Membaca Sholawat
Disabdakan RasuluLlah SAW Yang artinya, “Aku melihat sebuah bengawan pada malam ketika mi’raj, airnya lebih manis daripada madu, lebih dingin daripada salju, dan lebih harum daripada minyak misik. Maka aku bertanya kepada Jibril, ‘Untuk siapa bengawan ini ?’ Maka Jibril menjawab, ‘Ini diperuntukkan bagi orang yang membaca shalawat kepada Engkau di bulan Rajab’.

Semoga kita dapat mengamalkan amalan-amalan pada bulan rajab dalam mencarari berkah dari mulan yang mulia ini, semoga para pembaca dapat mengamalkannya dan membagikan ilmu ini kepada teman-teman yang alin ataupun saudara-saudara anda.

0 komentar:

Posting Komentar